>>Terlanjur Benci ..... ???





Terlanjur Benci
oleh: Abu NasiimMukhtar "Iben" Rifai La Firlaz
          Jika hati telah dikuasai benci dan murka sementara hamba tak berusaha untuk berlapang dada, maka apapun yang diperbuat oleh saudaranya akan nampak buruk dan tak berharga.
          Terlanjur benci. Sebuah sikap tercela dan akhlak yang buruk dalam sejarah anak manusia di dunia. Akibatnya tak terelakkan lagi. Kebaikan apapun tidak akan bernilai kebaikan jika mata telah memandang dengan kebencian. Api permusuhan yang semestinya mulai redam bahkan hampir padam akhirnya justru semakin berkobar. Dan setan pun bergembira saat melihat dua anak keturunan Adam hidup dalam kebencian.
          Jangan sampai keliru di dalam bersikap! Jika memang sebuah kebaikan dilakukan oleh saudaramu maka akuilah dan nilailah sebagai kebaikan. Meskipun ada ketidak senangan di dalamhatimu. Jangan biarkan sikap "terlanjurbenci" menjaditali pegangan hidupmu.
Al Imam IbnuHazm (MudaawatunNufuushal 47) menegaskan,
من قبيح الظلم الإنكار على من أكثر الإساءة إذا أحسن في الندرة
"Termasuk bentuk kedzaliman terburuka dalah mengingkari orang yang sering menyakiti pada saat sesekali ia berbuat kebaikan"
Dia memang selalu menyakiti dan mengganggu hati. Mungkin tangan dan lisannya tidak bisa selamat dari mencela kita. Akan tetapi, pada saat ia melakukan kebaikan, maka akuilah bahwa memang ia telah melakukan kebaikan. Termasuk dzalim jika kita selalu menilainya berbuat salah, padahal belum tentu ia salah.
Bercermin pada diri sendiri.
Bayangkanlah saja jika kita sendiri yang menjadi obyek "terlanjur benci". Bukankah kita sendiri adalah makhluk yang lemah? Alangkah berbahagianya seorang hamba yang memiliki sekian banyak kesalahan dan kekurangan lalu memperoleh ampunan dari ArRahman dengan alasan maaf dari orang-orang yang kita salahi.
Allah berfirman di dalam Al Qur'an,
ولا يجرمنكم شنئان قوم على ألا تعدلوا اعدلوا هو أقرب للتقوى واتقوا الله إن الله خبير بما تعملون
Dan janganlahsekali-kali kebencian muterhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil.Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah MahaMengetahuiapa yang akan kamu kerjakan. (QS. 5:8)

Al Hafidz Ibnu Katsir menjelaskan,
"Jangan sampai kebencian kalian kepada suatu kaum mendorong kalian tidak bersikap adil. Bersikaplah adil kepada siapapun. Baik dia sebagai teman atau sebagai musuh "
Subhaanallah!
Betapa agung dan luhur nya ajaran-ajaran Islam. Keadilan di dalam bersikap menjadi sebuah tuntutan wajib bagi setiap muslim dan muslimah. Tidak bisa berlebihan di dalam bersikap benci. Meski kepada musuh sekalipun.
Abdullah bin Rawahah diutus oleh Rasulullah untuk menemui kaum yahudi Khaibar setelah mereka takluk.Rasulullah menetapkan hasil kebun-kebun kurma di Khaibar harus dibagi antara mereka denganRasulullah. Abdullah bin Rawahah diutus untuk menaksir hasil panen yang akandiperoleh.
Setelah selesai menaksir, Abdullah bin Rawahah menyatakan di hadapan kaum Yahudi Khaibar,
"Wahai kaum yahudi! Kalian adalah makhluk yang paling aku benci. Kalian telah membunuh para nabi dan mendustakan Allah. Akan tetapi, kebencianku kepada kalian tidaklah membuatku berbuat curang pada kalian. Sungguh aku telah menaksir, ternyata jumlahnya 20.000 wasaq kurma. Kalau kalian setuju silahkan, jika tidak maka kembali kepadaku "
Kaum yahudi menanggapi, "(Dengan keadilan semacam inilah) Langit dan bumi menjadi tegak"
www.salafyciampeabogor.blogspot.com
Kisah di atas dibawakan oleh Imam Ahmad, AlBaihaqi dan At Thahawi. Syaikh Al Albani membahas riwayat di atas di dalam Irwa'ulGhalil 3/281
Subhaanallah!
Kepada musuh sekalipun, kaum yahu di kafir, kita dilarang untuk bersikap melampui batas. Apalagi kepada sesama saudara muslim! Akan tetapi sungguh benar ucapan seorang pujangga arab,
فعين الرضى عن كل عيب كليلة ... ولكن عين السخط تبدي المساوي
Pandangan ridha telah menutupi semuacacat,
Sementara pandangan benci selalu menampakkan cacat
Apakah Benci Menjadi Cinta?
Terkadang, bahkan seringkali, kita merasa sulit untuk merubah benci menjadi cinta. Apalagi saudara kita terlalu sering berbuat dzalim dan salah terhadap kita. Kadang-kadang kita pun bertanya-tanya, "Hingga kapankah kebencian ini akan berakhir?". Betapa pahitnya hidup jika diliputi oleh kebencian sesama saudara muslim.
Allah berfirman di dalam Al Qur'an,
ولاتستوي الحسنة ولاالسيئة ادفع بالتي هي أحسن فإذا الذي بينك وبينه عداوة كأنه ولي حميم
Dan tidaklahsamakebaikandankejahatan.Tolaklah (kejahatanitu) dengancara yang lebihbaik, makatiba-tiba orang yang antaramudanantaradiaadapermusuhanseolah-olahtelahmenjaditeman yang sangatsetia. (QS. 41:34)

          As Syaikh AsSa'di ( TaisirKariimirRahman) menafsirkanayat di atas,
          "Jika ada seseorang berbuat tidak baik kepadamu, lebih-lebih orang tersebut memiliki hak besar atas dirimu seperti kerabat, sahabat atau semisalnya, entah itu dalam bentuk ucapan maupun perbuatan, maka hadapilah dengan sikap baik kepadanya!
          Jika ia memutus hubungan denganmu, tetaplah engkau menyambungnya. Jika ia mendzalimi dirimu, maka maafkanlah dia. Jika ia membicarakan tentang dirimu, dihadapanmu atau tanpa sepengetahuanmu, janganlah engkau balik sikap itu namun maafkanlah saja dan layanidengan kata-kata yang lembut.
Jika ia meng hajr dirimu dan tidak ingin berbicara denganmu, maka berbicaralah dengan kata-kata lembut kepadanya dan curahkanlah salam untuk nya maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia.
Sebab, jika engkau membalas sikap buruk dengan mengedepankan sikap baik pasti akan terwujud manfaat besar "
Subhaanallah!
MahasuciEngkauya Allah.
Walaupunkitasendirimasihbertanya-tanya, apakah memang mungkin kebencian ituakan berubah menjadi cinta? Namun, ini lah firman Allah! Firman Nya pasti benar dan tidak adas edikit pun keraguan di dalamnya.Cinta kepada Allah bisa dibuktikan dengan ketundukan dan kekhusu'an terhadap perintah dan bimbingannya.
Apalagi, kebencian itu hanya disebabkan oleh persaingan bisnis, salah paham, keliru mendengar kata-kata atau hal-hal lain yang sangat remeh.Tentu kebencian masih sangat besar kemungkinannya untuk berubah menjadi cinta.
Seorang pujangga mengungkapkan,
وقد يجمع الله الشتيتين بعد ما ... يظنان كل الظن ألا تلاقيا
Seringkali Allah menyatukanduahamba yang salingberlawanan, setelahsekian lama
Keduanya sama-sama yakin tidak mungkin terjadi perjumpaan
Lebih dari itu semua, Allah telah berfirman di dalam Al Qur'an,
عسى الله أن يجعل بينكم وبين الذين عاديتم منهم مودة والله قدير والله غفور رحيم
Mudah-mudahan Allah menimbulkankasihsayangantaramudengan orang-orang yang kamumusuhi di antaramereka.Dan Allah adalahMahaKuasa.Dan Allah MahaPengampunlagiMahaPenyayang. (QS. 60:7)

Benar! Allah adalah Maha Kuasa! Dan Allah Maha Pengampu nlagi Maha Penyayang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

[AUDIO]: Nilai Sebuah Keikhlasan

Rekaman –  AUDIO KAJIAN  Kajian Islam Ilmiyyah Tanjung Priok  Ahad, 03 Rabi’ul Awwal 1440H / 11 November 2018M   Masjid Raya al-H...