SEKILAS TENTANG MA'HAD IBNUL MUBAROK CIAMPEA BOGOR INDONESIA



Sekilas tentang Mahad Ibnul Mubarok Ciampea

Rindang dan sejuk, itulah kesan pertama yang dirasa ketika pertama mengunjungi mahad ini. Jajaran pohon jati yang berada di area mahad, memberikan sentuhan hijau tersendiri bagi yang mengunjunginya.

Walau baru aktif sekitar satu semester yang lalu, mahad yang berada di lokasi Perum Mawar Asri Ciampea Bogor ini sudah menampung sebanyak 16 santri, padahal kuota yang disediakan saat pendaftaran hanya 10 santri, akan tetapi alhamdulillah dengan jumlah santri yang melebihi kuota, gedung dan ruangan yang ada masih bisa digunakan dengan nyaman.

Bagi yang ingin mengunjungi mahad ini, akses jalan yang jamak dilewati adalah melalui Jalan Dramaga, tepat ke arah Kampus IPB Bogor. Oleh karenanya jangan kaget jika di jam-jam tertentu, aktifitas lalu lintas di jalan ini lumayan padat di beberapa titiknya.

Untuk status mahad yang terletak di Desa Benteng Ciampea ini, seluruh bangunan dan lahannya adalah wakaf yang diamanahkan kepada Mahad Riyadhul Jannah Bogor, oleh karenanya, pengurusan kegiatan belajar dan kebutuhan tenaga pengajarnya, sepenuhnya dikelola oleh Mahad Riyadhul Jannah Bogor.

Semoga Allah taala memberkahi dan memudahkan usaha pendidikan di Mahad Ibnul Mubarok ini, amin.


Channel Telegram Mahad Riyadhul Jannah Bogor
T.me/mahadriyadhuljannahbogor

#info

Ronda di Ciampea

Tak terasa, waktu sudah menunjukkan pukul 01.00 dini hari. Racikan kopi ala barista lokal dan sajian kue ringan, menghangatkan malam dingin di Mahad Ibnul Mubarok Ciampea, menemani obrolan ringan pengusir rasa kantuk di tengah rekan-rekan yang sedang melakukan tugas ronda tuk berjaga di area Mahad Ibnul Mubarak, Ciampea.

Merupakan suatu momen yang istimewa, penulis bisa ikut ronda bareng yang kesekian kalinya bersama beberapa rekan lainnya yang bertugas, walaupun Saya tidak sampai subuh (senyum).

Jadwal ronda yang hanya diberlakukan dari hari Ahad hingga Kamis ini, memiliki sebanyak lima belas grup yang setiap regunya terdiri dari dua atau tiga anggota, oleh karenanya, jadwal yang didapat tidak selalu jatuh pada hari tertentu, akan tetapi mengalami putaran di setiap bulannya.

Semua rekan yang ikut bergabung di grup ronda ini berasal dari daerah Bogor dan sekitarnya. Akan tetapi walau masing-masing anggota grup berada di berbeda lokasi, dan berjarak lumayan jauh, namun untuk kehadiran di setiap malamnya tiada mengalami masalah, walhamdulillah.

Terbentuknya grup ronda ini adalah atas dasar kerelaan tanpa paksaan, para anggotanya sadar, bahwa Mahad Ibnul Mubarak yang berada di kawasan Bogor ini adalah milik bersama, dan mereka sangat senang jika bisa ikut andil di dalam aktifitas mahad.

Di tengah berjalannya aktifitas ronda, ternyata banyak kisah-kisah pengorbanan anggota demi menjalankan tugas ini. Di antaranya, seperti yang diceritakan kepada penulis, tidak sedikit di kalangan anggota harus menerjang hujan ketika berangkat, dan melawan dingin ketika berjaga. Ada pula beberapa rekan yang berstatus pegawai, ketika pulang kerja, mereka harus langsung menuju ke mahad tanpa pulang ke rumah terlebih dahulu, dan ketika jadwal pulang ronda, mereka langsung menuju ke tempat kerjanya lagi, masyaallah.

Inilah sekelumit andil dakwah dari para rekan-rekan di Bogor, walau terkesan biasa, namun aktifitas ronda ini sungguh luar biasa. Mereka telah menyusupkan rasa aman kepada para santri dan pengurus mahad di kala rehat.

Semoga Allah taala memberikan pahala dan barakah atas pengorbanan semua pihak di dalam dakwah sunnah ini, amin. (Hmzh)


Channel Telegram Mahad Riyadhul Jannah Bogor
t.me/mahadriyadhuljannahbogor

#info
#@Dipublikasikan : www.salafyciampeabogor.blogspot.com
#Klik joint telegram : Tegar di atas sunnah : https://telegram.me/joinchat/Ch3Mg0FG5EnPPDfhs7C5tg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

[AUDIO]: Nilai Sebuah Keikhlasan

Rekaman –  AUDIO KAJIAN  Kajian Islam Ilmiyyah Tanjung Priok  Ahad, 03 Rabi’ul Awwal 1440H / 11 November 2018M   Masjid Raya al-H...