diunduh dari jalancahaya (dot) org
diunduh dari jalancahaya (dot) org
"Dalam shalatku, aku tidak meminta kepada Allah agar Allah mengembalikan penglihatanku. "
Syaikh Fahd Al Kanderi mewancarai anak istimewa ini yang bernama Muadz.Seorang anak laki-laki TUNANETRA penghafal Al-Quran dari Mesir yang berusia 11 tahun. 
Dalam wawancara itu ia Fahd Al Kanderi menanyakannya perihal bagaimana ia belajar Al-Quran dan kebutaannya. 
Semangatnya untuk menghafal ayat-ayat Allah yang mulia membuat langkah kakinya ringan untuk pergi ke tempat gurunya.
"Saya yang datang ke tempat syaikh," katanya. 
"Berapa kali dalam sepekan?" Tanya dia. 
"Tiga hari dalam sepekan," jawabnya.
Jawaban anak ini kian membuat terkejut ketika anak ini bercerita Syaikh Fahd Al Kanderi bahwa Syaikh yang mengajarinya Al-Quran hanya mengajarinya satu ayat per hari.
"Pada awalnya hanya satu hari dalam sepekan. Lalu saya mendesak beliau dengan sangat agar ditambah harinya, sehingga menjadi dua hari dalam sepekan. Syaikh saya sangat ketat dalam mengajar. Beliau hanya mengajarkan satu ayat saja setiap hari, "ujarnya.
"Satu ayat saja?" Respon beliau terkejut, takjub dengan semangat baja anak ini.
Dalam tiga hari itu ia khususkan untuk belajar ayat-ayat suci Al-Quran, hingga ia tidak bermain dengan teman sebayanya.
Yang lebih mengagumkan adalah pernyataannya tentang kebutaannya. Ia tidak berdoa kepada Allah agar Allah mengembalikan penglihatannya, namun rahmat Allah lah yang ia harapkan.
"Dalam shalatku, aku tidak meminta kepada Allah agar Allah mengembalikan penglihatanku," katanya. 
Mendengar jawaban anak ini Syaikh Fahd Al Kanderi semakin terkejut.
>>www.salafyciampeabogor.blogspot.com<<
"Engkau tidak ingin Allah mengembalikan penglihatanmu? Kenapa? "Tanya dia heran.
Dengan wajah meyakinkan, anak itu memaparkan alasannya. Bukan ia tak yakin pada Allah, bukan. Namun ia menginginkan yang lebih indah dari penglihatan.
"Semoga menjadi keselamatan bagiku pada HARI PEMBALASAN (kiamat), sehingga Allah meringankan perhitungan (hisab) pada hari tersebut. Allah akan menanyakan nikmat penglihatan, apa yang telah engkau lakukan dengan penglihatanmu? Saya tidak malu dengan cacat yang saya alami.  Saya hanya berdoa semoga Allah meringankan perhitungan-Nya untuk saya pada hari kiamat kelak , "papar Muadz dengan tegas.
Mendengar kalimat mulia anak ini, semua diam. Syaikh nampak berkaca-kaca dan air matanya menetes. Para pemirsa di stasiun TV serta kru TV tersebut juga tak tahan menitikkan air mata.
Pada saat ini, saya teringat banyak kaum muslimin yang mampu melihat namun bermalas-malasan dalam menghafal kitab Allah, Al-Quran. Ya Allah, bagaimana alasan mereka besok (di hadapan-Mu)? "Kata Syaikh Fahd AL Kanderi.
"Segala puji bagi Allah dalam segala situasi," kata Muadz penghafal Quran muda ini.
Subhanallah, indahnya dunia tak membuatnya lupa akan Rabbnya dan hari pembalasan.
Ia juga mengatakan bahwa ia terinspirasi dari kaidah Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyah (rahimahullah). "Kaidah imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyah yang berbunyi 'Allah tidak menutup atas hamba-Nya satu pintu dengan hikmah, kecuali Allah akan membukakan baginya dua pintu dengan rahmat-Nya,'" katanya.
Kehilangan penglihatan sejak kecil, tidak membuat ia mengeluh kepada Sang Pencipta. Ia tak iri pada orang lain apalagi kufur nikmat. Ikhlash menerima takdirNya.
"Alhamdulillah, saya tidak iri kepada teman meski sejak kecil saya sudah tidak bisa melihat. Ini semua adalah qadha 'dan qadar Allah, "katanya.
"Kita berdoa kepada Allah semoga menjadikan kita sebagai penghuni surga Al-Firdaus yang tertinggi," kata Muadz 
Matanya yang buta, tak membuat hatinya buta dalam mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan. Subhanallah. 
Dalam sebuah hadits Qudsi Nabi (shallallahu 'alaihi wa salam) bersabda:
إن الله قال: إذا ابتليت عبدي بحبيبتيه فصبر, عوضته منهما الجنة 
Allah berfirman, "Jika Aku menguji hamba-Ku dengan menghilangkan penglihatan kedua matanya lalu ia bersabar, niscaya Aku akan menggantikan penglihatan kedua matanya dengan surga." (HR. Bukhari no. 5653 , Tirmidzi no. 2932, Ahmad no. 7597, Ad-Darimi no. 2795 dan Ibnu Hibban no. 2932)
SUBHANALLAH ...................................