KABAR GEMBIRA BUAT SETIAP WANITA BERIMAN


KABAR GEMBIRA BUAT SETIAP WANITA BERIMAN
Al-Imam Al-Qurthuby rahimahullah menyebutkan :
Keadaan wanita beriman di surga itu lebih baik daripada keadaan bidadari surga, lebih tinggi derajatnya dan lebih cantik.
Maka wanita shalihah dari penduduk dunia itu jika ia masuk surga, maka sesungguhnya ia masuk surga karena balasan atas amalan shalihnya, dan merupakan kemurahan dari Allah kepadanya karena agama dan kebaikannya. Adapun bidadari surga yang mana ia merupakan kenikmatan surga, maka sesungguhnya ia diciptakan di surga karena disediakan untuk selainnya, dan dijadikan sebagai balasan untuk orang yang beriman atas amal shalihnya.
Maka sungguh jauh berbeda antara seorang wanita yang masuk surga karena balasan atas amalan shalihnya dengan seorang bidadari yang diciptakan untuk dijadikan sebagai balasan untuk pemilik amalan shalih.
Yang pertama (wanita dunia) adalah seorang penguasa, majikan dan yg bisa memerintah, sementara yang kedua (biadari) adalah -walaupun begitu besar kedudukan dan kecantikannya- hanya saja ia – dalam apa yg sudah diketahui manusia- bukanlah seorang penguasa, dalam keadaan dia diperintah oleh majikannya, yakni seorang mukmin yang Allah menciptakan bidadari sebagai balasan baginya.
Tafsir Al-Qurthuby 16/154
At-Tadzkirahfi Ahwaal Al-Mautaa wa umuuril-akhirah 3/985
Syaikh Ibnul Utsaimin rahimahullah ditanya: Apakah sifat-sifat yang disebutkan bagi bidadari surga itu mencakup wanita dunia juga?
Beliau menjawab: Yang nampak benar bagiku sesungguhnya wanita dunia, mereka itu lebih baik daripada bidadari sampaipun dalam hal sifat-sifat zhahirahnya. Wallahu a’lam.
Fatawa Nur ala Ad-Darbi
@IbnAIarbi
http://cutt.us/WRFgL
🌱بشرى لكل مؤمنة🌱
🔘 قال الإمام القرطبي رحمه الله
▪حال المرأة المؤمنة في الجنة أفضل من حال الحور العين وأعلى درجة وأكثر جمالا ؛ فالمرأة الصالحة من أهل الدنيا إذا دخلت الجنة فإنما تدخلها جزاءً على العمل الصالح وكرامة من الله لها لدينها وصلاحها ، أما الحور التي هي من نعيم الجنة فإنما خُلقت في الجنة من أجل غيرها وجُعلت جزاء للمؤمن على العمل الصالح ، وشتان بين من دخلت الجنة جزاءً على عملها الصالح وبين من خُلقت ليُجازى بها صاحب العمل الصالح ؛ فالأولى ملكة سيدة آمرة ، والثانية – على عظم قدرها وجمالها – إلا أنها ـ فيما يتعارفه الناس ـ دون الملكة ، وهي مأمورة من سيدها المؤمن الذي خلقها الله تعالى جزاءً له▪
📘 تفسير القرطبي 16/154
📘 التذكرة في أحوال الموتى وأمور الآخرة 985/3
🔸وقد سُئل الشيخ ابن عثيمين – رحمه الله – : هل الأوصاف التي ذُكرت للحور العين تشمل نساء الدنيا❔
فأجاب :▪الذي يظهر لي أن نساء الدنيا يكن خيرا من الحور العين ، حتى في الصفات الظاهرة ، والله أعلم▪
📕 فتاوى نور على الدرب .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

[AUDIO]: Nilai Sebuah Keikhlasan

Rekaman –  AUDIO KAJIAN  Kajian Islam Ilmiyyah Tanjung Priok  Ahad, 03 Rabi’ul Awwal 1440H / 11 November 2018M   Masjid Raya al-H...