>>ADA ANJING YANG MENJADI MULIA KARENA BERSAHABAT DENGAN ORANG SHALIH


ADA ANJING YANG MENJADI MULIA KARENA BERSAHABAT DENGAN ORANG SHALIH
Imam Al-Qurthuby rahimahullah berkata dalam tafsir ayat ini:
{وَكَلْبُهُم بَاسِطٌ ذِرَاعَيْهِ بِالْوَصِيدِ}
“Dan anjing mereka membentangkan kedua lengannya di muka gua”. ( QS. Al-Kahfi 18)
“Jika ada sebagian anjing terkadang bisa meraih derajat yang tinggi ini karena bersahabat dan bergaul dengan orang-orang shalih dan wali-wali, sehingga Allah mengkabarkan hal itu di kitab-Nya, maka bagaimana dengan kaum mukminin yang bertauhid yang bergaul dan mencintai wali-wali dan orang-orang shalih.
Bahkan dalam ayat ini ada hiburan dan ketentraman bagi kaum mukminin yang memiliki kekurangan yang jauh dari derajat kesempurnaan, yang mencintai Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.”
Dan demikian juga Imam Ibnu Katsir rahimahullah berkata dalam tafsir ayat ini:
“Maka anjing mereka ini mendapatkan barakahnya mereka, ia mengalami seperti yang mereka alami, seperti tidur dalam keadaan begitu, maka ini adalah faedah bersahabat dengan orang-orang baik. Maka anjing ini menjadi disebut-sebut, dikabarkan (dalam Al-Quran) dan memiliki kedudukan. Dikatakan, kalau anjing ini adalah anjing pemburu milik salah seorang dari mereka. Ada yang mengatakan itu adalah anjing tukang masaknya Raja, dan dia mencocoki mereka dalam agama, maka anjingnya menemaninya. wallahu a’lamu.”
***
Sumber: http://tinyurl.com/jung5h5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

[AUDIO]: Nilai Sebuah Keikhlasan

Rekaman –  AUDIO KAJIAN  Kajian Islam Ilmiyyah Tanjung Priok  Ahad, 03 Rabi’ul Awwal 1440H / 11 November 2018M   Masjid Raya al-H...