Selasa, 03 Juni 2014

[BAGUS]>>Silsilah: Agamaku Mengajarkanku … (Seri 8)

www.salafyciampeabogor.blogspot.com

SILSILAH: Agamaku Mengajarkanku… (Seri ke 8) – Dalam Kitab: Silsilah ‘Allamani Dieniy
Bersama: DR. Muhammad bin Umar Bazemul حفظه الله تعالى
| | |
Bagian ke 8:
Agamaku Mengajarkanku: agar aku bersungguh-sungguh untuk mengeluarkan intisari 99 nama bagi Alloh Azza wa Jalla dari Al-Qur’an yang mulia dan As-Sunnah yang suci, semoga dengan itu menjadi sebab masuknya aku ke dalam surga; dan sungguh nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam telah bersabda:
«إنّ للّهِ تسعةً وتسعين اسْماً مَن أحصاها دخل الجنّة».
“Sesungguhnya bagi Alloh ada 99 nama, barangsiapa menghitungnya dia akan masuk surga”.
Dan telah diketahui bahwa nama-nama Alloh banyak, sebagaimana tersebut di dalam sebuah hadits dari Abdillah (Ibnu Mas’ud, pent) beliau berkata:
Bersabda Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam:
«ما أصاب أحداً قَطُّ همٌّ ولا حزنٌ، فقال: اَللَّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ، اِبْنُ عَبْدِكَ، اِبْنُ أَمَتِكَ،نَاصِيَتِي بِيَدِكَ، مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ، عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَداً مِنْ خَلْقِكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الغَيْبِ عِنْدَكَ، أَنْ تَجْعَلَ القُرآنَ رَبِيْعَ قَلْبِي، وَنُورَ صَدْرِي، وَجِلاَءَ حُزْنِي، وَذَهَابَ هَمِّي، إلاّ أذهب الله همّه وحزنَه، وأبدله مكانه فرحاً». قال: فقيل: يارسول الله، ألا نتعلّمها؟ فقال: «بلى، ينبغي لمن سمعها أن يتعلّمها».
“Tidaklah seseorang pun tertimpa kegundahan dan kesedihan, kemudian dia memanjatkan doa: ya Alloh, sesungguhnya aku adalah hamba-Mu, putra hamba-Mu, putra budak-Mu, ubun-ubunku di tangan-Mu, telah tetap hukum-Mu pada diriku, adil ketetapan-Mu pada diriku, aku memohon kepada-Mu dengan setiap nama yang Kau miliki yang Kau namakan untuk diri-Mu, atau yang telah Kau ajarkan kepada seseorang dari makhluk-Mu, atau yang Kau turunkan di dalam kitab suci-Mu, atau yang Kau rahasiakan di dalam ilmu ghaib yang ada di sisi-Mu, agar Kau jadikan Al-Qur’an sebagai penyejuk hatiku, cahaya dadaku, penebus kesedihanku, dan penghilang kegundahanku, melainkan Alloh akan hilangkan kegundahannya dan kesedihannya, dan menggantikannya dengan kebahagiaan”. Ibnu Mas’ud berkata: ditanyakan: wahai Rosululloh, tidakkah kami mempelajarinya? Maka beliau bersabda: “Tentu, seharusnya bagi siapa saja yang mendengarnya untuk mempelajarinya”.  [1]
Dan wajib baginya karena yang dimaksud ialah bahwa wajib bagi setiap muslim untuk bersungguh-sungguh di dalam mengintisarikan nama-nama ini yang sembilan puluh sembilan; agar mendapatkan keutama yang melimpah ini:
«من أحصاها دخل الجنة».
“Barangsiapa yang menghitungnya dia akan masuk surga”.
✸ ✸ ✸
_____
[1] Hadits hasan li ghoirih, lihat Musnad Ahmad (cet. Ar-Risalah 6/246, hadits no. 3712)
Karawang, 3 Sya’ban 1435H
Alih Bahasa: 
Abu Abduh Muhammad Sholehuddin 
Sumber : www.forumsalafy.net                                                  www.salafyciampeabogor.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar