>>Latihan Soal Biologi SMA Kelas XI IPA>>

SOAL :

1. Sebutkan 4 enzim dan fungsinya masing-masing pada usus halus !
2. Jelaskan pernapasan dada dan pernapasan perut !
3. Jelaskan proses pembentukan urine !
4.Sebutkan 3 macam neuron !
5. Jelaskan proses menstruasi !

PEMBAHASAN :

1.
Organ
Enzim
Fungsi
UsusHalus
1.   Erepsin
pencernaan protein yang telah diubah, yaitu polipeptida dijadikan sebagai  asam amino

2.   Maltase
mengubah maltosa menjadi dekstrose.

3.  Enterokinase
Sekresi getah

4.   Laktase
mengubah laktosa menjadi glukosa dan mengubah galaktosa menjadi glukosa  di dalam hati


2.  a. PernapasanDada :
Inspirasi :
Otottulangrusukluar (eksternal ) berkontraksimenyebabkantulangrusukterangkatkeatasmakarongga dada membesardantekanan di rongga dada mengecilsehinggaudaramasuk

Ekspirasi :
Aotottulangrusukdalam (internal)    
berkontraksi menyebabkan tulang
 rusuk kebawah maka rongga
dada  mengecil tekananudara dada  membesar
Sehingga udara keluar

b. PernapasanPerut :
Inspirasi
Ototdiafragmaberkontraksimenyebabkandiafragmakebawah (mandatar) makarongga dada membesartekanandirongga dada mengecilsehinggaudaramasuk

Ekspirasi :
Otot diafragma mengendur  menyebabkandiafragma kembali 
 kedudukansemula (melengkung)        
makarongga dada    mengeciltekanandirongga  
dada membesarsehinggaudarakeluar
  

3. Proses Pembentukan Urine dilakukan 3 tahapyaitu :
1) Filtrasi
Padatahapini, terjadipenyaringanzatberacun yang terjadi di badanmalpighi. Padabadanmalpighiini, kapsul Bowman menyaringzat-zatdaridarah yang ada di glomerulus. Darahitumasihbanyakmengandung air,garam, gula, urea, dan lain-lain. Setelahmengalamipenyaringan, terbentuklahfiltrat glomerulus. Filtratinidisebuturin primer.
Di dalamurin primer inimasihterkandungbanyakzat yang diperlukanolehtubuh. Zat-zatiniantara lain glukosa, garam-garam urea, asam amino,asamurat, kecuali protein tidakditemukan di sini. Sebanyak 99% filtrate glomerulus ininantinyamasihakandiserapkembali.

 2) Reabsorbsi
Urin  primerdari glomerulus selanjutnyadialirkanmenujutubulusproksimal. Di sini, urin primer inimengalamipenyerapankembalizat-zat yangmasihdigunakanolehtubuh, antara lain glukosa, asam amino, dan air.Zat-zat yang diserapkembaliakandikembalikankedalamdarahmelewatikapilerdarah di sekitartubulus, jugaterjadipenyerapannatrium di lengkungHenle, sisanyaakanmembentukurinsekunder. Di dalamurinsekundertidakterdapatzat yang berguna. Di siniditemukankadar urea yang tinggi.
  
3)Augmentasi
Urinsekunder yang telahterbentukkemudiandialirkankedalamtubulus distal. Di siniterjadi prosesaugmentasi, yaitupenyerapan air danpenambahanzat-zatseperti ion H+, K+, kreatinindan urea dalamurinsehinggaurinhanyaberisizat-zat yang benar-benarsudahtidakbergunalagi. Melalui proses augmentasiinilahakanterbentukurin yang sesungguhnya. Urininiakandikumpulkanmelaluipembuluhpengumpulkeronggaginjalkemudiandialirkankekandungkencingatauvesikaurinaria, melaluisaluran ureter.

4.  Neuronada 3 macamyaitu :
a. Neuron SensorikFungsisarafiniadalahuntukmenerimarangsangdarialatindrakemudianmeneruskanimpulssaratkepusatsaraf, yaituotakatausumsumtulangbelakang.
b. Neuron Motorikberfungsiuntukmeneruskanimpulsdarisistemsarafpusatkeototdankelenjaryang akanmelakukanrespontubuh. Impulssecaralangsungberjalandari neuron sensorike neuron motor.
c. Interneuron (Neuron Asosiasi)fungsinyauntukmeneruskanimpulssarafdari neuron sensorike neuron motor. Struktur interneuron ini, yaitubagianujungdendritnyadihubungkanlangsungdenganujungaksondariselsaraf yang lain.
5. Menstruasiadalahpeluruhanjaringanepitel yang melapisi endometrium, sebelumterjadimenstruasididahuluidengancaramenyempitnyapembuluh-pembuluhdaraharteriolpadadinding uterus. Hal initerjadiakibatsangatmenurunnyakadarprogesteronpadadarah yang disebabkanolehmenyusutnyaukurankorpusluteumsebagaipenghasilprogesteron. Keadaaninimenyebabkankematiandarijaringanepitel. Kemudianpembuluharteriolmembesarkembali. Alirandarahmembesardandarahkeluarmembanjirijaringan yang matisehinggaterjadipeluruhan yang disebutmenstruasi.
<<www.salafyciampeabogor.blogspot.com>>




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

[AUDIO]: Nilai Sebuah Keikhlasan

Rekaman –  AUDIO KAJIAN  Kajian Islam Ilmiyyah Tanjung Priok  Ahad, 03 Rabi’ul Awwal 1440H / 11 November 2018M   Masjid Raya al-H...