"Wasiat Nabi-Shallallahu alaihi wa sallam-kepada Ibnu Abbas-radhiallahu anhu-

<<www.salafyciampeabogor.blogspot.com>>

Al-Ustadz Abu Khaulah Zainal Abidin
Wahai para orang tua ....
Pernahkah kau katakan kepada anak-anakmu: (- " Jagalah hak-hak Allah, niscaya Allah pun akan menjaga kalian . "-)?.Kemudian apa kata mereka setelah mendengar wejangan ini? Mengertikah mereka, apa makna menjaga ? Ingat! Rasulullah -Shallallahu alaihi wa sallam - menyampaikan kalimat ini kepada Ibnu Abbas - radhiallahu anhu -, yang usianya saat itu belum mencapai 10 tahun. Dan Ibnu Abbas - radhiallahu anhu - mengerti makna kiasan-yang sangat indah dan halus-tersebut yang artinya menjaga perintah dan larangan ALLAH .
Pernahkah kau katakan kepada anak-anakmu: (- " Jika berdo'a, berdo'alah kepada Allah. Dan jika meminta pertolongan, mintalah kepada ALLAH . "-)? Melalui lafadznya saja sudah dimaklumi, bahwa Rasulullah - Shallallahu alaihi wa sallam - bukan sedang memerintahkan Ibnu Abbas berdo'a - melalui wasiat ini-, bukan pula sedang mengajarkannya, tetapi Beliau - Shallallahu alaihi wa sallam - sedang mengajarkan arti Tauhid dan menanamkannya.
Ya, do'a adalah inti dari ibadah, karena dengan berdo'a seseorang secara tak langsung telah mengakui akan adanya ALLAHSubhaanahu wa ta'alaa . Sebab, mustahil seseorang akan berdo'a atau meminta jika yang diserunja itu tak ia yakini ada.Karenanya, dengan mengajari anak berdo'a, artinya kita telah menanamkan kepadanya keyakinan akan ALLAH Subhaanahu wa ta'alaa Yang Mencipta, Memiliki, dan Mengatur alam semesta ini.
Ya, do'a adalah inti dari ibadah, karena dengan berdo'a seseorang secara tak langsung telah mengakui bahwa ALLAHSubhaanahu wa ta'alaa itu Maha Mendengar dan Mengetahui. Sebab, mustahil seseorang akan berdo'a dan meminta manakala ia tak meyakini bahwa yang diserunja itu mampu mendengarkan dan memahami, sebagaimana tak mungkinnya seseorang mengutarakan hajat dan maksudnya kepada yang tak mampu mendengar dan mengetahui isi pembicaraannya. Karenanya, dengan mengajari anak berdo'a, artinya kita telah menanamkan kepadanya keyakinan bahwa ALLAH Subhaanahu wa ta'alaa itu Maha Mendengar dan Mengetahui.
Ya, do'a adalah inti dari ibadah, karena dengan berdo'a seseorang secara tak langsung telah mengakui bahwa ALLAH Subhaanahu wa ta'alaa itu Maha Kaya dan Memberi Kekayaan. Sebab, mustahil seseorang akan berdo'a dan meminta manakala ia tak meyakini bahwa yang diserunja itu kaya dan mampu memberikan kekayaan, sebagaimana tak mungkinnya seseorang meminta kepada yang miskin dan tak mampu membagi kekayaannya. Karenanya, dengan mengajari anak berdo'a, artinya kita telah menanamkan kepadanya keyakinan bahwa ALLAH Subhaanahu wa ta'alaa itu Maha Kaya dan Memberi Kekayaan.
Ya, do'a adalah inti dari ibadah, karena dengan berdo'a seseorang secara tak langsung telah mengakui bahwa ALLAHSubhaanahu wa ta'alaa itu Maha Memberi dan Mengabulkan Do'a. Sebab, mustashil seseorang akan berdo'a dan meminta manakala ia tak meyakini bahwa yang diserunja itu mau dan mampu memenuhi permintaannya, sebagaimana tak mungkinnya seseorang meminta kepada yang terkenal pelit atau kikir. Karenanya, dengan mengajari anak berdo'a, artinya kita telah menanamkan kepadanya keyakinan bahwa ALLAH Subhaanahu wa ta'alaa itu Maha Memberi dan Mengabulkan Do'a. Dan keyakinan ini merupakan pula tanda baik sangkanya seorang hamba kepada Allah Subhaanahu wa ta'alaa .
Ya, do'a adalah inti dari ibadah, karena dengan berdo'a seseorang secara tak langsung telah mengakui kelemahannya dan butuhnya ia akan ALLAH Subhaanahu wa ta'alaa . Sebab, mustahil seseorang akan berdo'a dan meminta manakala ia merasa mampu memenuhi segala kebutuhannya dan mengatasi segala masalahnya tanpa bantuan ALLAH Subhaanahu wa ta'alaa .Karenanya, dengan mengajari anak berdo'a, artinya kita telah menanamkan kepadanya keyakinan bahwa ALLAH Subhaanahu wa ta'alaa- lah tempat bergantung dan satu-satunya zat yang layak diibadahi.
Ya, do'a merupakan cara paling ampuh untuk menanamkan Tauhid kepada anak. Bagaimana dengan anak-anak kita?Sudahkah mereka pandai dan terbiasa berdo'a? Atau sudahkah kita mengajarkan mereka do'a-do'a yang bisa mereka ucapkan di sepanjang siang dan malam mereka?
Kemudian ...
Pernahkan kau katakan kepada anak-anakmu: (- " Ketahuilah sesungguhnya, seandainya seluruh manusia bersatu ingin memberikan kebaikan kepadamu, mereka tak akan sanggup kecuali sebatas apa yang telah Allah tetapkan bagimu. Juga, seandainya seluruhnya mereka bersatu ingin membahayakan kepadamu, mereka tak akan sanggup kecuali sebatas apa yang telah Allah tetapkan atasmu. Kalam telah diangkat dan lembaran-lembaran catatan takdir telah terlanjur kering . "-)?
Sungguh sulit dibayangkan, anak yang belum mencapai usia 10 tahun mendengarkan ungkapan-ungkapan seperti di atas.Kalau bukan karena cerdas atau terbiasanya mendengar kalimat-kalimat bermutu, tentu tak mungkin seorang anak seumurnya memahami hal ini. Maka, obrolan macam apa yang biasa didengar anak kita, jika kalimat-kalimat semacam di atas terasa sulit mereka pahami?
>>Abu Yusrina Al-Atsary<<
Tentu saja Rasulullah - Shallallahu alaihi wa sallam - menyadari sekali bahwa Ibnu Abbas - radhiallahu anhu - pasti memahaminya. Dan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam - ingin menanamkan keyakinan kepada Taqdir-baik dan buruk-melalui kiasannya yang demikian indah, sekaligus mengajari Ibnu Abbas - radhiallahu anhu - bersikap optimis. Ya, semuda itu seorang anak sudah harus tahu hal semacam ini. Bagaimana dengan anak-anak kita?
Kemudian ...
Pernahkah kau katakan kepada anak-anakmu: (- " Ingatlah kepada Allah tatkala kau sedang dalam kelapangan, maka ALLAH pun akan ingat kepadamu ketika engkau dalam kesempitan . "-)? Mengertikah mereka akan maksudnya? Mengertikah mereka kalau yang dimaksudkan - Ingatlah kepada ALLAH tatkala kau sedang dalam kelapangan - adalah bersyukur, bersyukur sementara kita sedang dalam keadaan sehat, senang, atau hidup berkecukupan apalagi berlebihan? Dan mengertikah mereka kalau yang dimaksud - ALLAH pun akan ingat kepadamu ketika engkau dalam kesempitan - adalah datangnya pertolongan Allah kepada kita, di antaranya dikaruniakan kesabaran dan kekuatan untuk bersabar?
Ya, sejak kecil seorang anak sudah harus diajarkan untuk mengerti arti bersyukur. Dibiasakan untuk senantiasa-bahkan lebih-mengingat ALLAH ketika sedang bersenang hati, bukan justru menjadi default. Dan membiasakan anak-atau siapa saja-ingat kepada ALLAH sering lebih efektif justru ketika mereka sedang dalam keadaan gembira. Lakukan ini! Yakni, ketika kita sedang bersenang-senang dengan mereka-ketika sedang bertamasya dan berlari-lari di taman, atau sedang bercengkrama dan bercanda di rumah, misalnya-berhentilah sejenak dan pegang tangannya, kemudian katakan kepadanya, " Kau bahagia .., senang Bersyukurlah kepada ALLAH ! "Juga yang seperti ini bisa dilakukan seorang suami kepada istrinya, atau sebaliknya.Di saat-saat mereka bersenang-senang, bertanyalah yang satu kepada yang lainnya, " Kau bahagia ..., kau senang?Bersyukurlah kepada Allah! "
Juga hendaknya kita menyadari bahwa Syukur dan Sabar itu ibarat dua muka dari satu mata uang, tak mungkin yang satu ada tanpa yang lainnya. Seorang yang tak pandai bersyukur-saat senang-sudah pasti tak mampu bersabar-saat susah-. Bagaimana dia akan mampu bersabar ketika menghadapi penderitaan, sedangkan nikmat saja tak mampu ia rasakan dan syukuri. Juga dapat kita ambil manfa'at dari wasiat di atas adalah, bahwa menumbuhkan sikap sabar dan kuat-pada anak-di dalam menahan kesusahan harus dimulai dengan mengajarkan mereka untuk pandai-pandai bersyukur tatkala senang.
Kemudian ...
Pernahkan kau katakan kepada anak-anakmu: (- " Ketahuilah, bahwa apa yang tak pantas untuk mu tak akan ALLAH timpakan kepadamu. Dan apa yang ALLAH timpakan kepadamu itu memang layak bagimu . "-)? Mengertikah mereka akan maksudnya? Mengertikah mereka, bahwa ALLAH SWT tak pernah salah di dalam menetapkan taqdir?
Ya, sedini mungkin seorang anak harus tahu, bahwa ALLAH Subhaanahu wa ta'alaa tidak pernah berbuat dzolim kepada hamba-Nya. Semua yang ALLAH Subhaanahu wa ta'alaa tetapkan atas hamba-Nya berdasarkan Pengetahuan-Nya, kebijaksanaan-Nya, Keadilan-Nya, dan Kasih Sayang-Nya. ALLAH Subhaanahu wa ta'alaa tak akan menjebloskan hamba-Nya ke dalam neraka, seandainya hamba tersebut tak pantas masuk ke dalamnya. Begitu pula Ia tak akan memasukkan hamba-Nya ke sorga, seandainya hamba tersebut tak pantas masuk ke dalamnya. Dan seseorang yang semula di neraka-disebabkan dosa-dosanya-mungkin saja akhirnya diangkat ke sorga dengan beberapa sebab, seperti mendapatkan syafa'at dari yang diijinkan ALLAH untuk memberi syafa'at, selesai sudah adzab baginya, atau memperoleh ampunan dari ALLAH. Tetapi, tak mungkin seseorang yang telah ALLAH Subhaanahu wa ta'alaa masukkan ke dalam sorga kemudian dikeluarkan kembali dan dijebloskan ke dalam neraka, sebagaimana sering kita dengar dari riwayat yang dianggap sebagai ucapan Nabi - Shallallahu alaihi wa sallam -. Sungguh mustahil ALLAH Subhaanahu wa ta'alaa memasukkan ke sorga seseorang yang tidak layak menikmatinya, kemudian setelah itu Ia keluarkan dan jebloskan ke dalam neraka. Perhitungan ALLAH sangat teliti dan Ia tidak pernah salah dalam menetapkan taqdir. Bukankah seseorang yang telah dimasukkan ke dalam sorga tak akan sekali-kali dirilis kembali, sebagaimana firman Allah Subhaanahu wa ta'alaa (-Yang artinya: " Dan sekali-kali mereka-yang telah berada di sorga-tak akan lagi pernah dikeluarkan darinya . " / Al Hijr: 48 -) Ya, sedini mungkin seorang anak harus tahu, bahwa ALLAHSubhaanahu wa ta'alaa tidak pernah salah di dalam menetapkan taqdir.
Kemudian ...
Pernahkah kau katakan kepada anak-anakmu: (- " Ketahuilah, bahwa pertolongan Allah bersama kesabaran, perjuangan itu bersama pengorbanan, dan bersama kesulitan ada kemudahan . "-)? Mengertikah mereka akan ucapan atau ungkapan semacam ini? Ya, bahwa ALLAH Subhaanahu wa ta'alaa akan senantiasa menolong orang yang sabar. Begitu pula kita katakan, " Mana ada perjuangan tanpa pengorbanan . "Dan anak-anak kita diajak mengerti, bahwa tidak ada yang gratis di dalam hidup ini. Semua harus ditempuh dengan perjuangan dan memerlukan pengorbanan. Namun demikian, kita ajarkan pula kepada mereka arti sebuah usaha dan sikap optimis, bahwa di balik kesulitan-kesulitan pasti ada fasilitas-fasilitas dan jalan keluar.
Ya, sudahkah itu semua kita sampaikan kepada anak-anak kita, walau mungkin dengan cara dan ungkapan yang berbeda?Sudahkah anak-anak kita mengetahui-sejak usia mereka belum mencapai 10 tahun, bahwa:
  • Ada hak-hak ALLAH yang harus dijaga, berupa perintah dan larangan-Nya.
  • Berdo'a kepada ALLAH adalah wujud paling nyata dari perbuatan mentauhidkan Allah.
  • Tak ada yang terjadi tanpa kehendak ALLAH Subhaanahu wa ta'alaa .
  • ALLAH tidak pernah salah di dalam menetapkan taqdir.
  • ALLAH menyukai orang yang sabar, tekun, dan optimis.
Ya, sudahkah mereka pernah mendengar hadits ini dan memahaminya?
عن عبد الله بن عباس رضي الله عنهما قال: كنت خلف النبي r فقال:
يا غلام إني أعلمك كلمات:
احفظ الله يحفظك, احفظ الله تجده تجاهك, إذا سألت فاسأل الله, وإذا استعنت فاستعن بالله,
واعلم أن الأمة لو اجتمعت على أن ينفعوك بشيء, لم ينفعوك إلا بشيء قد كتبه الله لك,
وإن اجتمعوا على أن يضروك بشيء, لم يضروك إلا بشيء قد كتبه الله عليك,
رفعت الأقلام وجفت الصحف.
رواه الترمذي, وقال: حديث حسن صحيح. وفي رواية غير الترمذي:
احفظ الله تجده أمامك, تعرف إلى الله في الرخاء يعرفك في الشدة,
واعلم أن ما أخطأك لم يكن ليصيبك, وما أصابك لم يكن ليخطئك,
واعلم أن النصر مع الصبر, وأن الفرج مع الكرب, وأن مع العسر يسرا.
Dari Abdullah bin Abbas - radhiallahu anhu -. Ia berkata: Dahulu aku berada dibelakang Nabi - Shallallahu alaihi wa sallam- di atas kendaraannya kemudian ia berkata: " Wahai anak muda, sesungguhnya aku akan mengajarkan kepadamu beberapa kalimat ; Jagalah ALLAH niscaya Ia akan menjagamu. Jagalah ALLAH niscaya kau akan menemukan NYA di hadapanmu. Jika engkau berdo'a, berdo'alah kepada ALLAH. Dan jika engkau meminta pertolongan, mintalah pertolongan kepada ALLAH. Dan ketahuilah! Sesungguhnya, seandainya seluruh manusia bersatu ingin memberikan kebaikan kepadamu, mereka tak akan sanggup kecuali sebatas apa yang telah Allah tetapkan bagimu. Juga, seandainya seluruhnya mereka bersatu ingin membahayakan kepadamu, mereka tak akan sanggup kecuali sebatas apa yang telah Allah tetapkan atasmu. Kalam telah diangkat dan lembaran-lembaran catatan taqdir telah terlanjur kering. " (HR Tirmidzi dan ia berkata: Hadits hasan shohih.) Dan di dalam riwayat selain Tirmdzi:
Jagalah Allah niscaya engkau akan mendapatinya berada didepan mu. Ingatlah ALLAH ketika engkau dalam kelapangan, maka Ia akan mengingatmu ketika engkau dalam kesempitan. Dan ketahuilah, bahwa apa yang tak pantas bagi mu maka tak akam ALLAH timpakan kepadamu. Dan apa yang Allah timpakan kepadamu itu memang layak bagimu.Dan ketahuilah, bahwa pertolongan Allah bersama kesabaran, perjuangan itu bersama Pengobanan, dan bersama kesulitan ada kemudahan . "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

[AUDIO]: Nilai Sebuah Keikhlasan

Rekaman –  AUDIO KAJIAN  Kajian Islam Ilmiyyah Tanjung Priok  Ahad, 03 Rabi’ul Awwal 1440H / 11 November 2018M   Masjid Raya al-H...