>>http://www.salafyciampeabogor.blogspot.com<<<

Perlombaan-Perlombaan Di Sekolahan

Perlombaan itu ada berbagai macam sehingga bagi pengajar wajib mengedepankan yang terpenting dari yang penting:
1.Menghafal Al-Qur’an
Pengajar, baik laki-laki maupun perempuan mampu membebankan kepada para pelajar yang laki-laki atau perempuan untuk menghafal satu surat Al-Qur’an atau satu juz kemudian diadakan lomba antara dua pelajar atau lebih kemudian bagi yang menang perlombaan diberi tanda yang bagus atau hadiah bagi yang menang dari peserta lomba. Ada kemungkinan untuk diperluas perlombaan ntersebut antar kelas, atau antar sekolah atau antar berbagai negara sebagaimana telah diselenggarakan oleh Kerajaan Saudi Arabia di media-media informasi.
a. Program
seorang anak yang menghafalkan beberapa ayat Al-Qur’an ini bisa memberikan semangat kepada anak-anak untuk menghafal Al-Qur’an, ditambah lagi dengan hadiah-hadiah yang diberikan kepada mereka.
b. Perlombaan
yang diselenggarakan oleh Departemen Haji dan Wakaf untuk menghafal Al-Qur’an, tafsirnya dan tajwidnya yang diadakan tiap tahun, dan memberikan semangat para peserta dengan disediakan hadiah-hadiah yang bersifat meteri dan maknawi, dan juga menerangkan kepada mereka tentang pahala yang besar bagi orang yang menghafalkan Al-Qur’an.
c. Program dengan nama “anak-anak islam”, yaitu program islami yang sukses yang diselenggarakan oleh Rabithotul ‘Alamil Islamy.
2. Menghafal hadits yang mulia
Seorang pengajar harus mengadakan perlombaan menghafal hadits-hadits nabawi karena hal ini sangat penting sekali, dan hadits adalah sumber kedua syariat setelah Al-Qur’anul Karim, dan memberikan faidah bagi pelajar untuk agama dan dunianya.
3. Bahasa Arab
Pengajar laki-laki atau perempuan apabila berbicara dengan pelajar harus dengan Bahasa Arab dan memberikan semangat kepada palajar dalam hal itu, mengadakan lomba untuk mereka berbicara dengan bahasa Arab kepada teman-teman dan pengajar-pengajar mereka, dan mendorong pelajar-pelajar yang menang, yang bagus percakapan Bahasa Arabnya dan melarang mereka berbicara dengan bahasa pasaran, sebagaimana yang dilakukan orang-orang awam.
4. Menghafal Syair
Kita harus mendorong pelajar untuk menghafalkan bait-bait syair yang menpunyai makna-makna yang bagus, yang menyeru kepada tauhid dan jihad. Rasulullah ketika beliau dan para sahabat menggali parit, beliau melantunkan syairnya Ibnu Rawahah:
Demi Allah, kalau bukan Allah kita tidak akan mendapat petunjuk
Tidak pula kita bersedekah, tidak pula shalat
Allah yang sungguh-sungguh telah menurunkan ketenangan kepada kita
Dan mengokohkan kaki-kaki apabila kita menghadapi para musyrikin yang telah melampaui batas terhadap kita
Ketika mereka menginginkan fitnah bapak-bapak kita
(Beliau mengeraskan suara beliau: Bapak-bapak kita, bapak-bapak kita). [Muttafaqun ‘alaih]
Sumber : www.salafy.or.id
( Dikutip dari buku, Kiat Sukses Mendidik Anak, Pustaka Al Haura’ )

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    [AUDIO]: Nilai Sebuah Keikhlasan

    Rekaman –  AUDIO KAJIAN  Kajian Islam Ilmiyyah Tanjung Priok  Ahad, 03 Rabi’ul Awwal 1440H / 11 November 2018M   Masjid Raya al-H...