Saya Sebenarnya Sudah Sangat Ingin Menikah Tapi Masalahnya, Bagaimana Caranya Kita Mencari Informasi Akhwat yang Siap Menikah ?

>>>by : Abu Yusrina<<<

Saya Sebenarnya Sudah Sangat Ingin Menikah Tapi Masalahnya, Bagaimana Caranya Kita Mencari Informasi Akhwat yang Siap Menikah ?



Pertanyaan
Assalamualaikum ustadz,
afwan mau nanya, ana sebenarnya sudah sangat ingin menikah, terutama dikarenakan banyak fitnah, bahkan terkadang sampai tahap berbahaya gara2 wanita zaman sekarang yang sangat kurang ajar (kita sudah berusaha menjauhi fitnahnya mereka tapi mereka tanpa punya rasa takut pada allah ta’ala malah seperti mendekati).
tapi masalahnya ustadz, bagaimana caranya kita mencari informasi akhwat yang siap menikah, sementara ana tidak tahu harus tanya dengan siapa, karena ana jarang ziarah ke ikhwah sehingga tidak punya hubungan dekat dengan ikhwan manapun dikarenakan kesibukan ana.
atas nasihatnya jazakallahu khairan katsiran.
Jawabannya
wa’alaikumussalam warahmatullahi wabrakatuh, mungkin ada beberapa saran yang ingin ana sampaikan.
1. Menikah adalah sebuah kebutuhan, jika tidak tertunaikan kebutuhan ini akan berdampak jelak buat seseorang.
2. Hukum menikah pada diri seseorang berbeda-beda ada yang wajib, sunnah atau mubah (boleh). Yang hukumnya wajib ketika seseorang mampu menikah dan kalau tidak segera menikah ia khawatir terjatuh dalam perbuatan maksiat. Ketika pada diri seseorang menikah hukumnya wajib maka segera menikahlah. Tempuh jalan-jalan untuk seseorang bisa menikah dengan akhwat yang ia sukai. Apalagi seseorang tahu bagaimana dahsyatnya fitnah syahwat pada zaman sekarang ini yang seseorang tidak merasa aman darinya. Oleh karena itu sudah seharusnyalah saudara memproritaskan untuk segera mencari ahwat shalihah yang siap untuk dinikahi. Yaitu dengan memproritaskan untuk meluangkan waktu, tenaga, uang atau yang lainnya untuk menempuh jalan-jalan seseorang bisa segera menikah..
3. Diantara jalan yang mungkin bisa ditempuh adalah coba antm cari ikhwan yang sudah menikah  dan yang antm kenal  orangnya baik dan bilang kalau antm minta bantuan untuk dicarikan akhwat yang sudah siap menikah. atau cari seorang ikhwan yang punya saudara akhwat antm bisa menanyakan langsung kepada kakaknya apakah saudara perempuanya sudah siap nikah atau belum, yang sebelumnya antm sudah punya informasi terlebih dahulu akan baik tidaknya akhawat tersebut, atau coba antm cari ustadz yang kenal sama antm, sehingga tidak ragu untuk membantu antm karena kenal siapa antm, bagaimana antm dll dan minta bantuan ustadz tersebut sambil menjaga adab.
Karena menikah ada sebuah kebutuhan yang penting maka sudah seyogyanya antum meluangkan waktu untuk menempuh jalan-jalan untuk mendapatkan istri, diantara dengan cara diatas.
4. Jangan lupa untuk banyak berdoa kepada Allah, semoga Allah mudahkan urusan antm. Mungkin  itu saran dari ana semoga bermanfaat.
Sumber : www.nikahmudayuk.wordpress.com
(dijawab oleh Abdullah Al-Jakarty)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

[AUDIO]: Nilai Sebuah Keikhlasan

Rekaman –  AUDIO KAJIAN  Kajian Islam Ilmiyyah Tanjung Priok  Ahad, 03 Rabi’ul Awwal 1440H / 11 November 2018M   Masjid Raya al-H...